Thursday, July 25, 2013

Eksekusi Ide Bisnis Anda!

penyerahan topi bambu untuk gubernur banten

Salam bisnis!

Saya yakin Anda semua memiliki banyak ide bisnis di dalam benak Anda. Terlepas dari posisi Anda saat ini apakah sebagai pekerja, wirausahawan, pedagang, petani, atau bahkan Anda yang saat ini masih sekolah atau belajar tentu memiliki ide bisnis atau ide usaha. Bukan hanya satu ide, melainkan banyak ide.

Ide usaha itu tidak akan menjadi usaha yang nyata apabila tetap disimpan rapi baik di dalam otak atau pun di dalam catatan kita. Betul tidak?

Apabila Anda menjawab betul, ada baiknya Anda harus segera bertindak untuk mengeksekusi ide bisnis Anda itu. Saya yakin Anda sudah memikirkan segala macam aspek untuk memperkaya ide bisnis itu sehingga ide bisnis itu sudah matang, atau setidaknya setengah matang dan siap dieksekusi.

Apabila ide itu masih mentah bagaimana? Ya, itu tugas Anda untuk memasak ide itu agar menjadi matang dan siap dieksekusi. Saya punya saran, apabila punya ide mentah jangan diperam. Ide bukan buah. Suatu buah akan berubah menjadi matang apabila diperam tetapi ide Anda akan tetap mentah walaupun Anda peram satu abad pun!

Saya pernah punya suatu ide bisnis. Bukan bisnis yang berorientasi keuntungan melainkan bisnis sosial. Ide saya adalah untuk membantu mengembalikan kejayaan topi bambu Tangerang yang pada jaman kolonial dulu merajai pasaran Eropa dan Amerika tetapi pasca kemerdekaan justru merosot ke titik nadir angka ekspornya.

Begitu terlintas ide itu, saya langsung eksekusi mendaftarkan nama domain TopiBambu.com. Alhamdulillah masih tersedia waktu itu. Tanpa pikir panjang, saya segera akusisi nama domain itu. Saya yakin, nama domain itu akan bermanfaat untuk bisnis itu nantinya.

Sambil berjalan saya mematangkan ide itu. Setelah matang, saya ajak diskusi beberapa rekan blogger di Tangerang mengenai ide saya itu. Mereka pun setuju untuk membentuk sebuah komunitas bernama Komunitas TopiBambu. Komunitas ini memiliki tujuan utama untuk mengembalikan kejayaan topi bambu Tangerang serta membantu pelaku usaha mikro di Tangerang untuk mengembangkan usaha mereka.

Alhamdulillah setelah dibentuk, Komunitas TopiBambu segera bertindak untuk mempopulerkan kembali topi bambu Tangerang. Melalui ide-ide brilian dan keluar dari kotak yang dimiliki oleh Agus Hasanudin yang sekarang memegang kendali operasional Komunitas TopiBambu, ada prestasi membanggakan yang diraih oleh Komunitas TopiBambu, yaitu Rekor Dunia topi bambu terbesar yang pernah dibuat yang diberikan oleh Musium Rekor Indonesia. Selain itu, kerjasama-kerjasama dengan berbagai institusi pun terus dibangun seperti kerja sama dengan PT. Smart Tbk dan PT. BNI.

Apakah bisnis melalui Komunitas TopiBambu berjalan? Ya, berjalan. Banyak order topi bambu yang masuk melalui Komunitas TopiBambu yang kemudian diteruskan kepada para pengrajin topi bambu di Tangerang. Komunitas TopiBambu dapat apa? Silakan Anda pikirkan sendiri. Yang pasti, Komunitas TopiBambu memang bukan entitas bisnis yang mengejar keuntungan.

Oh ya, segala hal tentang Komunitas TopiBambu dapat Anda baca di website Komunitas TopiBambu.

Kita tidak akan pernah tahu apakah ide bisnis kita akan berhasil baik atau tidak apabila kita tidak pernah mengeksekusi ide bisnis itu. Orang sekelas Purdi Candra, Bob Sadino, dan lain-lain juga tidak akan pernah tahu apakah ide usaha mereka akan berhasil atau tidak apabila mereka tidak menjalankan ide itu. Menurut Ippho Santosa, kita tidak perlu terlalu banyak mikir yang rumit-rumit. Eksekusi saja. Jalankan saja. Setelah dijalankan, kita baru akan tahu apakah ide itu works atau tidak.

Apakah Anda berani mengeksekusi ide bisnis Anda?