Sunday, June 30, 2013

Mengapa Manajemen Diperlukan?

mengapa manajemen diperlukan oleh organisasi

Salam Bisnis!

Kali ini saya ingin sedikit berbagi mengenai alasan diperlukannya manajemen di organisasi kita. Mengapa manajemen diperlukan oleh suatu organisasi?

Jujur saja, saya kuliah S1 di Jurusan Manajemen tetapi waktu kuliah dulu saya tidak pernah memikirkan mengapa manajemen diperlukan di dalam suatu organisasi. Saya mempelajari manajemen hanya dengan membaca buku-buku manajemen dan juga mengikuti kuliah yang disampaikan oleh dosen. Menanyakan mengapa manajemen diperlukan tidak pernah saya lakukan selama kuliah tersebut.

Saat awal-awal bekerja, saya pun tidak pernah mempertanyakan alasan diperlukannya manajemen di dalam suatu organisasi. Kebetulan selesai kuliah saya bekerja sebagai Pengendali Kualitas, saya bekerja sesuai prinsip-prinsip Manajemen Mutu yang saya ketahui, yaitu memastikan kualitas selalu dijaga sejak awal yaitu sejak masih berupa material sampai menjadi produk akhir.

Pertanyaan iseng mengenai mengapa manajemen diperlukan baru muncul kira-kira pada 2010. Saat itu saya sedang berdiskusi dengan teman-teman dan atasan di perusahaan kami. Banyak hal yang diungkakan sebagai jawaban atas pertanyaan tersebut. Akan tetapi, satu hal yang akhirnya kami sepakati bersama mengenai alasan diperlukannya manajemen di dalam suatu organisasi adalah adanya manusia di dalam organisasi tersebut.

Mengapa manusia?

Manusia adalah makhluk yang unik. Manusia memiliki karakter yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Punya cara berpikir yang berbeda-beda. Punya gairah yang berbeda-beda. Punya ambisi yang berbeda-beda. Punya kemampuan yang berbeda-beda. Nah, di dalam suatu organisasi terdapat banyak manusia yang unik itu. Untuk memastikan agar organisasi dapat berjalan dengan baik maka diperlukanlan manajemen di dalam organisasi yang isinnya banyak manusia tersebut.

Apakah Anda sepakat dengan hasil diskusi kami? Silakan Anda sampaikan pandangan Anda pada kolom komentar di bawah ini.